siti nadia tarmizi
Siti Nadia Tarmizi. (twitter)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Semakin tingginya angka positivity rate yang menyentuh 30 persen menunjukkan rendahnya warga mematuhi protokol kesehatan (prokes). Hal itu diikuti dengan kewalahannya fasilitas kesehatan kita karena angka kematian akibat Covid19 juga meninggi.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Rabu 13 Januari 2021.

Angka 30 persen menunjukkan penularan di antara masyarakat terjadi sangat tinggi akibat kecerobohan mereka sendiri dalam menerapkan protokol kesehatan.

Rasio kasus positif Covid19 di Indonesia tersebut sekarang sangat jauh dari rekomendasi WHO yang mensyaratkan hanya 5 persen saja.

“Penularan virus dengan angka positivity rate 30 persen akan sangat cepat menular di masyarakat dan kasus akan menjadi sangat tinggi,” kata Nadia.

Sedangkan angka kematian yang bertambah 306 pada Rabu ini menunjukkan rumah sakit dan fasilitas kesehatan sudah mulai kewalahan dengan peningkatan tersebut.

Maka, Nadia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menyuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here