Kemenkes Borong 27 Juta Masker Kain Buatan UMKM untuk 34 Provinsi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Berbagai upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional di Indonesia. Terbaru, kementerian Kesehatan memesan 27 juta masker kain buatan UMKM. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

“Pengadaan masker itu merupakan salah satu upaya untuk mengkampanyekan kesadaran penggunaan masker di kalangan masyarakat,” kata Menteri Teten dalam Konferensi Pers Sinergi Pengadaan Masker Produk UKM, Selasa 20 Oktober 2002.

Kata Menteri Teten, program ini diharapkan mampu membangkitkan kembali usaha UMKM yang terdampak sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker kain. Sebab, masker kain diklaim cukup efektif untuk menghambat penyebaran virus covid-19.

Adapun, Kementerian Kesehatan pada tanggal 11 September 2020 telah melakukan pemesanan masker yang diproduksi oleh UMKM kepada sembilan agregator UMKM yang direkomendasikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

“Lalu Kementerian Kesehatan melakukan pemesanan masker sebanyak 27 juta pcs, atau senilai Rp 150 miliar yang di distribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia. Spesifikasi masker tiga lapis (sesuai standar WHO) yang dipesan oleh Kemenkes terdiri dari tiga jenis, yakni polos, sublime, dan batik/tenun,” katanya.

Menteri Teten menyebut ada 9 agregator UMKM yang mengerjakan pesanan masker Kementerian Kesehatan. Tujuan menggunakan aggregator supaya memudahkan pengdaan sekaligus mendorong usaha kecil tidak berdiri sendiri, tapi membangun usaha kolektif dalam skala khusus.

“Saya kira ini embrio yang bagus, biasanya kalau ada agregatornya ke depan bisa menjadi offtaker untuk produk mereka, sehingga pembiayaan bisa mudah diakses oleh usaha mikro dan kecil termasuk pengembangan produk,” ujarnya.

9 Agregator UMKM yang mengerjakan pesanan masker Kemenkes itu merupakan pelaku usaha yang melibatkan UMK binaan dalam proses produksinya dan melakukan quality control terhadap produk yang dihasilkan oleh UMK binaannya.

Diantaranya PT. Inspirasi Sinergi Nusantara (Karya Nusantara), PT. Mardohar Catur Tunggal Gaya, PT. Gendhis Mitra Kinarya, PT. Eco Fesyen Indonesia, PT. Moratas Guna Abadi, PT. Sakura Naguri Graphic, PT. Putra Pratama Satria, CV. Alphie, dan CV. Kyrs.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini