Kelebihan Populasi Janda Muda, Daerah di Jawa Timur Ini Sampai Dijuluki ‘Kota Janda’

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Umumnya, daerah-daerah di Indonesia punya julukan masing-masing yang disesuaikan dengan ciri khasnya. Misalnya Aceh dijuluki Kota Serambi Mekah atau Lombok yang mendapat julukan Pulau Seribu Masjid.

Nah, menariknya ada satu daerah yang mendapat julukan baru sebagai ‘Kota Janda’ lho gaes. Tahu daerah mana?

Adalah Gresik, Jawa Timur. Dahulu Gresik lekat dengan julukan Kota Santri lantaran masyarakatnya yang religius. Namun siapa sangka belakangan daerah di Jawa Timur ini punya julukan baru sebagai Kota Janda.

Hal ini seiring meningkatnya populasi janda muda di daerah tersebut. Yup, berdasarkan data, angka perceraian di Gresik terus meningkat tiap tahun.

Di semester awal tahun 2019 saja, mulai dari Januari hingga Juni, jumlah janda muda meningkat hingga mencapai 927 orang. Didominasi usia 22 tahun.

Tingginya angka perceraian di Gresik dipicu oleh banyak faktor. Di antaranya faktor ekonomi, KDRT hingga berpisah lantaran tak siap menjadi orangtua alias hamil duluan.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini