Kehujanan di Palembang, Jokowi Peringatkan Warga Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Disambut hujan sangat lebat saat mendarat di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selasa 26 Januari 2021 pagi, Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat Indonesia agar waspada terhadap cuaca ekstrem.

“Saya mengimbau agar kita semua senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem baik hujan lebat dan yang lainnya, dan selalu memperhatikan peringatan dini mengenai cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika,” ujar Jokowi, Selasa.

Akhir minggu lalu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 94 persen wilayah Indonesia dari 342 Zona Musim saat ini telah memasuki puncak musim hujan seperti yang telah diprediksikan sejak Oktober 2020 lalu.

Puncak musim hujan itu terjadi pada Januari dan Februari 2021, sehingga seluruh masyarakat harus waspada akan kemungkinan menghadapi cuaca ekstrem.

Wilayah yang berada pada puncak musim hujan tersebut terutama sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

Pada periode musim hujan dan puncak musim hujan ini juga sering terjadi peristiwa cuaca ekstrem dengan curah hujan kategori lebat hingga sangat lebat.

Kondisi tersebut dipicu oleh aktifnya monsoon Asia. Selain itu, cuaca sebagian wilayah Indonesia memperlihatkan anomali yang mengarah pada penguatan curah hujan tinggi.

Fenomena La Nina saat ini juga masih aktif dengan Indeks yang mengarah ke kondisi normal pada bulan Mei 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini