Kehadiran Bandara Dongkrak Kesejahteraan Nelayan di Bali

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kehadiran Bandara di Bali Utara dipastikan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan setempat. Hal itu dikatakan oleh Komisaris Utama perusahaan perintis pembangunan bandara internasional di pesisir pantai Kubutambahan, Buleleng, Bali, Rokhmin Dahuri

Dirinya memastikan bahwa keberadaan bandara di pesisir Kubutambahan tidak akan menggusur pemukiman warga nelayan, tetapi kehadiran bandara justru meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan warga sekitar.

Ia memaparkan, PT BIBU Panji Sakti menawarkan tiga program yang dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan di Kubutambahan.

Pertama, PT BIBU Panji Sakti melalui anak perusahaannya, akan memberikan bantuan sarana produksi, misalnya dalam hal pengadaan jaring yang berkualitas untuk menangkap ikan dan cold storage untuk menampung hasil tangkapan para nelayan.

“Ikan harus terjaga kesegarannya, agar harga jualnya tinggi,” katanya.

Sedangkan program kedua, lanjutnya, adalah menampung atau membeli hasil tangkapan ikan para nelayan, apabila tidak terserap di pasar dengan harga wajar.

Serta yang ketiga, adalah memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan manajemen para nelayan dalam melaksanakan tata kelola penangkapan dan penjualan hasil tangkapan.

Seperti diketahui, PT BIBU Panji Sakti merupakan perusahaan yang merintis pembangunan bandara internasional di pesisir pantai Kubutambahan, Buleleng.

Bandara yang dibangun di Kawasan Bali Utara tersebut juga telah ditetapkan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional yang tercantum dalam Perpres No.109/2020 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 17 November 2020.

Di sekitar bandara tersebut akan dibangun aero city, yang antara lain dilengkapi sarana dan prasarana pendukung aktivitas bandara. Seperti gedung perkantoran, hotel, restoran, gudang penyimpanan barang-barang yang akan diekspor dan sebagainya dalam rangka mendukung kegiatan ekspor produk maritim dan UMKM di Kawasan Bali Utara.

 “Ini jelas akan melibatkan banyak tenaga kerja dan mengangkat potensi yang ada di Kubutambahan, Buleleng, dan Bali Utara,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini