Kecam Pembantaian di Sigi, KWI Minta Pemerintah Basmi Tuntas Teroris di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) ikut mengungkapkan duka cita yang mendalam atas tragedi pembantaian satu keluarga di Desa Lemba Tongo, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

“Tragedi kemanusiaan ini sangat menyedihkan dan menimbulkan luka bagi umat manusia,” ujar Ketua KWI Kardinal Ignatius Suharyo dalam keterangan resmi, Senin 30 November 2020.

Untuk itu, KWI beserta seluruh umat Katolik Indonesia menyatakan duka cita mendalam melalui pernyataan sikap berikut ini:

Pertama, KWI dan Umat Katolik menyampaikan perasaan duka cita mendalam terhadap korban yang meninggal dan keluarganya serta jemaat yang ikut terdampak. Mendoakan karena semua saudara yang meninggal berbahagia abadi bersama Allah Bapa di sorga dan keluarga yang ditinggalkan mendapat penghiburan kasih dari Allah.

Kedua, Umat Katolik mengecam keras aksi tindakan kekerasan yang menghilangkan nyawa dan pembakaran Pos Pelayanan Gereja Bala Keselamatan serta rumah warga di Lewonu tersebut.

“Tindakan penyerangan tersebut sungguh-sungguh tidak beradab dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama dan nilai-nilai kemanusiaan universal,” kata Uskup Agung Jakarta tersebut.

Ketiga, KWI mengapresiasi langkah cepat pimpinan dan jemaat Gereja Bala Keselamatan, aparat Kepolisian serta Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dan Provinsi Sulawesi Tengah untuk menangani peristiwa tersebut dan memberi perlindungan bagi warga. Meminta Pemerintah dan Kepolisian menangkap pelakunya dan mengusut serta membasmi tuntas jaringan teroris yang ada di wilayah Timur maupun di seluruh Indonesia.

Keempat, KWI dan Umat Katolik mengajak seluruh lembaga keagamaan dan masyarakat di lokasi kejadian dan di seluruh Indonesia untuk tetap tenang dan menyerahkan penangannan kasus ini sepenuhnya kepada pemerintah.

Kelima, KWI dan Umat Katolik berharap agar peristiwa di Lewonu ini tidak merusak atau melemahkan hubungan antar umat beragama dan kepercayaan yang selama ini terus-menerus kita bangun, kita rawat dan kita kembangkan. Semoga Allah senantiasa memberikan berkat damai sejahtera dan perlindungan-Nya kepada kita semua, Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini