Kebakaran di Jakarta Karena Instalasi Listrik Pemukiman Buruk

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Banyaknya peristiwa kebakaran di Jakarta akibat kualitas instalasi listrik pemukiman yang buruk. Maka sebagian besar kebakaran diakibatkan arus pendek listrik.

“Apalagi di perumahan padat dan kumuh. Mungkin ada yang listriknya separuh nyolong, mungkin pemasangan kabel-kabel dan instalasi listrik antar rumah kurang pengamanan,” kata pengamat tata kota, Yayat Supriyatna, Jum’at 9 Agustus 2019.

Peluang tersebut menjadi sangat besar saat musim kemarau karena pemakaian listrik masyarakat sangat tinggi.

Selain itu kualitas kabel dan pemahaman beban maksimal kabel, fitting lampu, stop kontak listrik, sampai bahan isolasi serta teknik penyambungan kabel dan pembagian listrik, ikut berpotensi menimbukan kebakaran.

Data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, terjadi 1.102 kasus kebakaran sepanjang tahun ini dan 677 di antaranya disebabkan hubungan pendek listrik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini