Cerpelai
Cerpelai

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Kasus hewan menularkan virus corona atau Covid-19 benar-benar terjadi di Belanda, baru-baru ini.

Dua orang dipastikan terinfeksi Covid-19 dari seekor cerpelai yang sebelumnya dinyatakan mengidap corona.

Kasus ini menjadi perhatian serius Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten, yang telah merinci beberapa cerpelai pembawa corona berada di empat lokasi peternakan hewan tersebut.

Ia menyebut, dari empat peternakan yang dilaporkan terinfeksi, tiga di antaranya telah terbukti bersumber dari manusia yang sakit, sementara yang keempat masih dalam penyelidikan mendalam.

Menurut Direktur Institut Kesehatan Belanda (RIVM) Jaap van Dissel, kasus penularan dari hewan cerpelai ini terbilang unik.

“Ini pertama kalinya kami menemukan, atau setidaknya kami telah menunjukkan bahwa kemungkinan besar dua kasus, penularannya berasal dari binatang ke manusia,” kata Dissel kepada Parlemen Belanda, Selasa 26 Mei 2020.

“Tentu saja sumber asli infeksi di Cina kemungkinan besar juga berasal dari hewan,” ujarnya menambahkan.

Undang-undang yang melarang peternakan cerpelai di Belanda sejatinya telah disahkan pada tahun 2013, dan sisa peternakan lain akan berhenti beroperasi pada tahun 2023 mendatang, seperti dikutip dari Reuters.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here