Kasus DBD di Tanah Air Meningkat, BMKG Sebut Akibat Kelembaban Udara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kelembaban udara menjadi pemicu peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di tanah air. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Informasi Iklim Terapan pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Marzuki.

Awalnya kata dia, BMKG memperkirakan puncak musim hujan di suatu daerah, misalnya antara Januari-Februari, maka setelahnya diikuti oleh puncak DBD. “Itu waktu kesimpulan awalnya kira-kira,” katanya, beberapa waktu lalu.

Menurut Marzuki, pihaknya dibantu pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengeksplorasi apakah kejadian puncak DBD berkorelasi dengan puncak musim penghujan.

“Kami dibantu oleh tim Litbang kemudian juga dari pakar ITB mengeksplorasi data-data yang dimiliki disandingkan dengan kejadian DBD. Apakah dari data hujan itu berpengaruh, atau suhunya, atau curah hujannya, atau kelembabannya dan lain sebagainya,” katanya.

Ternyata, kata Marzuki, semua unsur iklim itu hampir memiliki hubungan dengan kejadian DBD.

Namun yang paling konsisten tampaknya dari seluruh itu adalah kelembaban. Memang terjadi korelasi kuat dengan kelembaban udara dan ini sangat konsisten. Artinya outbreak ditemukan berkorelasi dengan ambang batas kelembaban. Kemudian yang perlu digaris bawahi adalah bahwa kasus DBD itu meningkat di atas level baseline saat kelembabannya itu di atas 75 persen.

Marzuki mengatakan, berdasarkan fakta-fakta ilmiah tersebut, maka BMKG telah menyiapkan beberapa langkah atau pun rencana dalam hal mitigasi.

“Tentunya juga dengan adaptasi dalam jangka panjang gitu. Bagaimana kalau misalnya kita menyusun sebuah sistem prediksi yang bisa menduga penyakit DBD berdasarkan dari kondisi iklim,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Optimal Jaga Kekayaan Papua untuk Kebermanfaatan Rakyat

Pemerintah sudah sangat optimal dalam menjaga seluruh kekayaan Tanah Papua, yang mana hal tersebut juga demi kebermanfaatan seluruh rakyat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini