Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (doc: bentengsumbar.com)

MINEWS, JAKARTA - Setelah sempat dikabarkan menjadi salah satu calon kuat menteri kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Gubernur NTT Viktor Laiskodat kini harus gigit jari. Pasalnya, ia tak mendapat restu masyarakat NTT untuk menjadi menteri kabinet Jokowi.

Kabar ini dipastikan Bendahara Umum DPP NasDem Ahmad Ali yang menyebut masyarakat NTT tak mau melepas gubernur mereka. Viktor pun menerima aspirasi tersebut, dan lebih memilih melanjutkan jabatannya ketimbang menjadi menteri.

“Reaksi masyarakat NTT terlalu keras tidak mengizinkan. Viktor merasa NTT lebih membutuhkannya saat ini. Masyarakat NTT mencintai Viktor, begitu pun Viktor,” kata Ahmad Ali, Senin 21 Oktober 2019.

Kepastian mundurnya Viktor sebagai calon menteri juga sudah disampaikan ke Presiden Jokowi, dan alasan tersebut telah dimaklumi.

Sebelumnya, Viktor digadang-gadang akan menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ia bahkan sempat datang ke Jakarta di pelantikan Jokowi-Ma’ruf, Minggu 20 Oktober 2019 lalu.

Viktor sempat berpamitan dengan masyarakat di wilayahnya setelah kuat dikabarkan akan jadi menteri Jokowi. Pamitan Viktor diperlukan agar masyarakat tidak kaget manakala mantan anggota DPR RI itu tiba-tiba harus meninggalkan jabatannya. Keterbukaan disebutnya menjadi ciri khas di NTT.