Kasihan, Korban Banjir Sentani Mulai Terserang Penyakit

Baca Juga

MINEWS, PAPUA – Warga korban banjir Sentani kini menghadapi masalah baru. Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare kini mulai menyerang.

“Warga mulai terserang diare, dan masih didominasi kasus ISPA, Myalgia dan Dermatitis,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giyai di Jayapura, Jumat 22 Maret 2019.

ISPA adalah sejenis infeksi yang membuat fungsi pernapasan terganggu. ISPA disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea atau pipa pernapasan dan paru-paru.

Jika tak segera ditangani, infeksi bisa menyebar ke seluruh sistem pernapasan dan membuat tubuh tidak mendapat cukup oksigen. Akibat paling fatal dari penyakit ini adalah kematian.

Penyakit ini mudah menjangkit orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya rendah, atau lanjut usia, dan anak-anak yang kekebalan tubuhnya belum kuat. ISPA bisa disebarkan melalui udara, atau melalui bersin dan batuk penderita lainnya.

Diare juga menjadi perhatian serius kali ini. Hampir sebagian warga korban banjir mulai terserang diare.

Aloysius saat ini sudah mengerahkan tenaga kesehatan yang juga melakukan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di masing-masing posko pengungsian.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini