Kantongi Nama, Jokowi Bidik Oknum yang Menghalangi RI Mandiri di Sektor Energi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibuat geram dengan tingkah laku para oknum yang membuat Indonesia selama ini ketergantungan impor gas.

Menurutnya pihak tersebut sengaja menghalangi Indonesia untuk mandiri di sektor energi. Dirinya pun sudah mengetahui siapa orang tersebut.

Padahal menurutnya, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Misalnya saja batu bara. Komoditas ini bisa disulap menjadi gas sehingga Indonesia tidak perlu impor gas lagi.

“Bukan saya cari, sudah ketemu lah siapa yang senang impor. Sudah ngerti saya. Hanya perlu saya ingatkan bolak-balik, hati-hati, kamu hati-hati, saya ikuti kamu,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 16 Desember 2019.

Hal itu dia sampaikan dalam Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Jokowi mengingatkan oknum tersebut untuk tidak menghalang-halangi Indonesia dalam menghilangkan ketergantungan impor gas.

Dia menjelaskan bahwa batu bara merupakan komoditas yang melimpah di Indonesia. Itu harusnya dimanfaatkan untuk mengurangi ketergantungan terhadap gas yang masih diimpor.

“Gas ini, sebetulnya batu bara bisa di substitusi menjadi gas sehingga nggak perlu impor, nggak perlu sebetulnya LPG karena bisa dibuat dari batu bara yang kita ini sangat melimpah,” katanya.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini