Kamala Harris: Donald Trump Putus Asa

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Kamala Harris dan para pendukung Demokrat mengecam pernyataan Presiden Donald Trump selama panggilan dengan Menteri Luar Negeri negara bagian, Georgia, Brad Raffensperger.

Harris menyebut percakapan Trump sebagai penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat. “Itu pasti suara putus asa, pasti begitu,” kata Kamala Harris, melansir NDTV, Senin, 4 Januari 2021.

Dalam percakapan telepon berdurasi satu jam itu, Presiden Trump mempermasalahkan akurasi tiga penghitungan suara terpisah di Georgia yang akhirnya memutuskan Joe Biden sebagai pemenang untuk yang pertama kalinya usai kemenangan Bill Clinton tahun 1992.

Trump bahkan diketahui mendesak Raffensperger untuk menemukan cukup suara guna membatalkan kekalahannya di Pilpres AS tahun lalu. Bukan hanya itu, Trump bahkan mengancam Raffensperger maupun Ryan Germany, Sekretaris Penasihat Umum Negara, jika mereka tidak menemukan ribuan surat suara di Fulton County telah dihancurkan secara ilegal untuk memblokir penyelidik -sebuah tuduhan yang tidak memiliki bukti

Bob Bauer, penasihat senior untuk tim transisi Presiden AS terpilih Joe Biden, mengatakan percakapan itu memberikan bukti tak terbantahkan tentang seorang presiden yang menekan dan mengancam pejabat partainya sendiri untuk membuatnya mencabut penghitungan suara resmi negara bagian dan memalsukan yang lain di tempatnya.

“Ini menangkap seluruh cerita memalukan mengenai serangan Donald Trump terhadap demokrasi Amerika Serikat,” kata Bob Bauer.

“Ketika presiden Amerika Serikat memanggil pejabat pemilihan Georgia dan mencoba mengintimidasi mereka untuk mengubah hasil pemilihan, untuk mencabut hak pemilih Georgia. Itu adalah serangan langsung terhadap kami. Demokrasi,” ucap kandidat Senat dari Partai Demokrat Jon Ossoff.

Sebelumnya, Presiden Trump mengundang para pemimpin negara bagian Republik Michigan ke Gedung Putih, menekan Gubernur Republik Georgia, Brian Kemp, dan meminta ketua Dewan Perwakilan Pennsylvania untuk membantu membalikkan kerugiannya di negara bagian itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini