Kadin Minta Mobil Listrik Jadi Kendaraan Wajib di Ibu Kota Baru

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pemerintah saat ini sedang gencar untuk melakukan peralihan dari kendaraan berbahan bakar minyak ke listrik. Aturan main penggunaannya sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melihat hal itu, adanya keinginan dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) agar mewajibkan penggunaan kendraan listrik di ibu kota baru nantinya. Keinginan tersebut sejalan dengan semangat pemerintah untuk mendorong percepatan peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

“Jadi akan lebih ideal lagi kalau semuanya berbasis electric (listrik), smart city, dan saya rasa ini akan menjadi satu-satunya ibu kota di dunia yang semuanya harus berkendaraan hybrid atau electric vehicle (ev),” ujar Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani, Selasa 27 Agustus 2019.

Menurut Rosan, jika Indonesia berani melakukan terobosan tersebut, seluruh dunia akan memuji. Karenanya, dari sekarang, pemerintah harus menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik yang memadai di ibu kota baru. Infrastruktur tersebut antara lain, stasiun pengisian ulang baterai maupun pasokan listriknya.

“Kan masih ada empat tahun lagi untuk mempersiapkan sehingga yang masuk ibu kota itu electric car (mobil listrik), electric motor (motor listrik) maupun kendaraan hybrid,” ujarnya.

Rosan mengungkapkan dunia usaha sendiri memandang positif pemindahan ibu kota negara. Meski jarak ibu kota dengan pusat bisnis menjadi lebih jauh, hal itu tidak lagi menjadi kendala bagi dunia usaha.

Dalam pengurusan izin bisnis misalnya, dunia usaha sudah tidak khawatir karena proses perizinan tidak lagi terbatas melalui pertemuan fisik. Terlebih, pemerintah sudah mengembangkan sistem perizian online terintegrasi (OSS) yang memungkinkan proses perizinan bisa lebih mudah dan terbuka.

Lebih lanjut, Rosan berharap pemerintah bisa mensosialisasikan rencana pemindahan ibu kota tersebut dengan cepat dan transparan ke masyarakat. Dengan demikian, pelaku usaha yang ingin berpartisipasi bisa lebih antusias lagi.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini