Kabar Gembira! Bunga Bangkai Kembali Mekar di Kebun Raya Cibodas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengumumkan bunga bangkai atau amorphophallus titanum kembali mekar di Kebun Raya Cibodas pada Sabtu 2 Mei 2020. Peristiwa mekarnya bunga bangkai kali ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan peristiwa mekar bunga pada individu yang lain dan pada individu yang sama.

Peneliti Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI, Destri mengatakan, bunga ini memiliki tinggi total 352 sentimeter (cm) dan diameter mekar bunga 166 cm. Mekarnya bunga bangkai tersebut menjadi peristiwa mekar bunga yang keenam dari individu yang sama, yang mekar untuk pertama kalinya pada 2003.

“Sebelumnya, individu ini terakhir kali mekar pada 2017 lalu,” katanya di Bogor, Minggu 3 Mei 2020.

Keunikannya, katanya, adalah bahwa bunga tersebut berbunga tanpa melewati masa dorman. Yakni sebelum daun terakhir benar-benar habis membusuk, langsung muncul tunas bunga pada awal tahun ini.

Baca Juga: Salah Kaprah! Ini Bedanya Bunga Bangkai Amorphophallus Titanum dengan Rafflesia Arnoldii

Asal tahu saja, koleksi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas LIPI, katanya, berasal dari Sungai Manau, Batang Suliti, Kawasan Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat.

“Dikoleksi oleh mendiang Subekti Purwantoro dan kawan-kawan. Umbinya ditanam di Kebun Raya Cibodas LIPI pada tahun 2000,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini