Paolo Rossi (Foto: Paolo Rossi Academy)

MATA INDONESIA, TURIN – Dalam waktu kurang dari tiga pekan, kabar duka kembali datang dari sepak bola kali. Kali ini legenda Italia, Paolo Rossi meninggal dunia.

Sekitar dua pekan lalu, legenda Argentina, Maradona meninggal dunia. Kemarin, mantan pelatih timnas Argentina, Alejandro Sabella tutup usia. Kali ini giliran legenda Italia, Rossi.

Rossi meninggal dunia di usia 64 tahun. Tidak disebutkan penyebab kepergian Rossi untuk selama-lamanya. Kabar duka ini disampaikan presenter olahraga RAI, Enrico Varriale. Rossi bekerja sebagai pundit atau komentator bersama RAI.

“Sebuah kabar yang buruk. Paolo Rossi meninggalkan kita selamanya,” tulis Varriale di media sosial.

“Paolo sosok tak terlupakan, yang membuat kami semua jatuh hati pada musim panas 1982 (Italia juara Piala Dunia) dan merupakan kolega kompeten dalam beberapa tahun terakhir bersama RAI. RIP Paolo tersayang.”

Selama kariernya, Rossi memperkuat Juventus, Como, Vicenza, Perugia Milan, dan Hellas Verona sebelum akhirnya pensiun di 1987.

Rossi mulai dikenal dunia sebagai pahlawan Italia di Piala Dunia 1982 dan menuliskan namanya di buku sejarah. Dia mencetak 20 gol dari 48 pertandingan bersama Italia termasuk enam trofi termasuk Piala Dunia 1982. Rossi menyandang status pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1982 dan meraih Ballon d’Or di tahun yang sama.

Di level klub, Rossi adalah pencetak gol terbanyak Serie A musim 1977/78 dengan 24 gol, menjuarai Piala Winners 1984, Piala UEFA 1984/85, Piala Champions bersama Juventus di 1985, dan dua Scudetto di 182 dan 1984.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here