Kabar Baik, Sepasang Anak Badak Jawa Lahir di Ujung Kulon

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kabar mengembirakan datang dari dunia satwa Indonesia. Sepasang anak badak jawa langka lahir di Taman Nasional ujung Kulon, Banten.

Hal itu diumumkan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN).

Kedua individu itu diketahui lewat hasil monitoring tim Balai TN Ujung Kulon sejak Maret hingga Agustus 2020 dengan menggunakan 93 video kamera pemantau.

Dengan begitu, jumlah total badak Jawa di TN Ujung Kulon mencapai 74 ekor, masing-masing 40 jantan dan 34 betina di mana 15 di antaranya berusia anak-anak dan 59 lainnya pada klaster usia remaja-dewasa. Adapun dua anak badak yang baru lahir kali ini berjenis kelamin satu jantan dan satu betina.

Menurut Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Wiranto, kondisi habitat badak Jawa di TN Ujung Kulon terbukti baik. Ini ditandai dengan lahirnya dua badak Jawa tersebut. Tahun lalu, empat badak Jawa juga dilaporkan lahir di TN Ujung Kulon.

“Kelahiran Badak Jawa di TN Ujung Kulon tersebut juga mempertegas bahwa populasi Badak Jawa terus mengalami perkembangbiakan alami dengan baik, sehingga terus memberi harapan besar bagi kelangsungan hidup satwa langka spesies Badak Jawa” jelas Wiratno dalam siaran pers, Minggu 20 September 2020.

Ia juga memastikan ketersediaan pakan badak Jawa di semenanjung Ujung Kulon masih relatif baik sehingga menjadi daya mendukung kehidupan badak Jawa pada saat ini dan masa yang akan datang. Saat ini, monitoring lapangan terus dilakukan, di antaranya melalui video kamera pengintai. Ini akan terus dilakukan hingga akhir Desember 2020.

“Pengambilan data dan observasi habitat terus dilakukan. Pandemi ini tidak menghentikan kegiatan lapangan KLHK khususnya petugas konservasi di TN Ujung Kulon dan taman nasional lainnya di Indonesia.” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini