Kabar Baik! Api Abadi Mrapen Kembali Menyala

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Setelah lama mati akhirnya, api abadi mpraen di Desa di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan kembali menyala pada 20 April 2021.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, setelah api abadi Mrapen hidup kembali, pihaknya langsung meminta semua pihak merawat Api Abadi Mrapen supaya tetap menyala.

“Mulai hari ini, mari kita pelihara. Semuanya punya rasa handarbeni, memiliki. Agar kita bisa merawat Api Abadi Mrapen,” katanya.

Sebelumnya Ganjar telah menyampaikan penyebab api abadi Mrapen padam. Dikarenakan adanya kebocoran halus di beberapa titik pada gas yang menjadi penyuplai api. Oleh karena itu, dia berpesan kepada masyarakat untuk merawat Api Abadi Mrapen.

Kepala Desa (Kades) Manggarmas Ahmad Moefid juga menyampaikan, pemerintah desa menindak tegas warga yang melakukan pengeboran secara ilegal atau tanpa izin. “Kami menyiapkan sanksi yang melanggar,” kata Moefid.

Salah satu penyebab pemicu padamnya api abadi Mrapen, dari salah satu minimarket dan telah mendapatkan sanksi dari pemdes. Pemberian sanksi berupa ganti rugi pasca kejadian.

Padahal sebelumnya, Pemdes sudah beberapa kali melakukan sosialisasi agar tidak mengebor sembarangan. Maka dari itu Pemdes mengingatkan warga untuk tidak mengebor sembarangan, terutama di area terdekat di api abadi Mrapen.

Hal tersebut dikarenakan akan mengurangi daya gasnya dan kembali berdambak pada kebocoran seperti beberapa waktu lalu dan mengakibatkan api padam lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko menyebutkan kapasitas gas yang baru ini bisa sampai 40 tahun lebih.

Akan tetapi jika mampu merawatnya bersama dengan tidak banyak gangguan seperti banyaknya pengeboran sembarangan, prediksinya cadangan gas bisa mencapai 60 tahun kedepan.

Diketahui, Api Abadi Mrapen merupakan ikon dan kebanggaan dari Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah bahkan Negara Indonesia. Lokasi tersebut sering digunakan untuk even penting baik tingkat nasional maupun internasional seperti pengambilan obor pada acara PON, ASEAN Games dan Acara Keagamaan Waisyak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini