Jusuf Kalla Beraksi di PBB, Vanuatu Dicueki Habis-habisan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyentil Vanuatu dalam sidang Majelis Umum PBB ke-74 yang digelar pekan lalu. Dengan tegas, JK berkata kritik Vanuatu terhadap Indonesia sudah semestinya diabaikan, tak perlu ditanggapi.

Bahkan, JK menyebut dirinya tak perlu serius menanggapi Vanuatu, yang selalu mengangkat isu pelanggaran HAM di Papua dalam setiap pertemuan PBB, terutama sidang Majelis Umum.

“Vanuatu itu setiap tahun seperti itu. Saya ketemu pemimpin negara lain, negara Pasifik seperti Fiji, Tonga, Nauru, itu tidak ada yang menanggapi Vanuatu,” kata JK dalam jumpa pers di kantornya, Selasa 1 Oktober 2019.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara besar tak perlu menanggapi Vanuatu yang merupakan negara kecil, yang bahkan oleh negara-negara lainnya saja tidak dianggap.

“Kan Vanuatu negara kecil jadi enggak ditanggapi oleh union,” kata JK tegas.

Komentar itu diutarakan JK mengomentari pernyataan Perdana Menteri Vanuatu Charlot Salwai Tabimasmas yang menyinggung dugaan pelanggaran HAM di Papua.

Selama ini, Vanuatu selalu mengkritik pemerintah Indonesia dan menuding adanya pelanggaran HAM di Papua. Isu yang dibawa oleh Vanuatu ini mirip dengan apa yang disuarakan kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM). Isu serupa juga sering digaungkan oleh Australia.

 

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini