Jose Mourinho, Pelatih yang Sukses Angkat Martabat Chelsea

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Diperkenalkan sebagai manajer Chelsea pada tanggal 2 Juni 2004, Jose Mario dos Santos Mourinho Felix atau lebih dikenal dengan nama Jose Mourinho adalah pelatih tersukses yang pernah dimiliki The Blues.

Karier Jose Mourinho pada periode pertama di Chelsea berlangsung pada 2004-2007. Mourinho sukses memberikan dua gelar Premier League, dua gelar Piala Liga, dan satu gelar Piala FA. Chelsea ketika itu memainkan 185 pertandingan dan sukses memenangi 124 pertandingan, imbang 40 kali, dan kalah sebanyak 21 kali.

Wajar bila Chelsea ketika itu menjadi tim tangguh di Inggris. Periode kedua Jose Mourinho di Chelsea berlangsung pada 2013-2015. Ketika itu, pria asal Portugal hanya mempersembahkan satu gelar Premier League dan satu gelar Piala Liga Inggris. Chelsea memainkan 136 pertandingan dan sukses memenangi 80 kemenangan.

Mourinho adalah pelatih yang benar-benar brilian. Dia mampu mengeluarkan kemampuan anak asuhnya dalam tim. Tak hanya itu, Mourinho dikenal sebagai pelatih kontroversial karena kerap ‘menyerang’ pelatih-pelatih lain dengan perang kata-kata. Perselisihan yang paling diingat hingga kini adalah antara Mourinho dan Arsene Wenger (mantan pelatih Arsenal).

Di periode pertama kepemimpinannya, Mourinho membuat Chelsea menjadi tim yang sulit dikalahkan ketika main di kandang sendiri. Saat itu komposisi pemain The Blues adalah salah satu yang terbaik di Eropa dengan adanya beberapa nama seperti Didier Drogba, Frank Lampard, Arjen Robben, Damien Duff, hingga Claude Makelele.

Kini, Mourinho menjadi juru latih Tottenham Hotspur. Meski demikian, dia pernah menyebut bahwa Chelsea selalu ada di dalam hatinya dan merupakan tim terbaik yang pernah dilatihnya.

Penulis: Aris Kurniawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini