Presiden Jokowi sambangi warga bencana tanah longsor di Sukajaya
Presiden Jokowi sambangi warga bencana tanah longsor di Sukajaya

MATA INDONESIA, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa 7 Januari 2020. Kunjungan secara mendadak ini untuk mengecek lokasi longsor disana.

Dimana sebelumnya, orang nomor satu di Indonesia ini batal melakukan kunjungan langsung kesana, dikarenakan faktor cuaca yang tidak memungkinkan helikopter yang ditumpanginya untuk mendarat.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi langsung mengunjungi Kantor Desa Harkat Jaya yang menjadi lokasi posko bantuan bagi warga setempat yang terdampak bencana banjir untuk berinteraksi dan memberikan paket bantuan.

Desa di Kecamatan Sukajaya tersebut merupakan desa yang terdampak bencana banjir dan longsor.

Dilokasi Jokowi menyerahkan paket sembako kepada para warga terdampak. Paket sembako diserahkan oleh para relawan kepada warga yang berkumpul di Kantor Desa Harkat Jaya.

Setelah memberikan sembako, Jokowi langsung menuju lokasi longsor yang menutup jalan Desa Harkat Jaya. Jalan utama desa itu pun tertutup lumpur. Mengenakan sepatu sneakers, eks Gubernur DKI Jakarta itu terus berjalan mendekat titik longsor. Di lokasi longsor tersebut sudah terdapat ekskavator yang digunakan untuk membuka jalan.

Namun, saat Jokowi hendak lebih dekat melihat lokasi longsor, hujan turun deras. Kepala negara pun tidak mendekati lokasi longsor dan meminta pelindung kepala.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sosial Juliari Batubara, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kunjungan ini dilakukan secara mendadak. Pasalnya, agenda utama Jokowi sejatinya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.