MINEWS.ID, JAKARTA – Presiden Jokowi sangat yakin penyelenggara balap MotoGP, Dorna, tetap melangsungkan salah satu serinya di sirkuit Mandalika, Lombok, 2021. Sebab, sirkuit jalan rayanya akan menjadi yang terindah.

Dia menegaskan sejak awal pembangunan KEK Mandalika, pembangunan Sirkuit MotoGP 2021 dilakukan menggunakan standar tinggi.

“Jangan sampai kawasan yang sudah sangat indah dan bagus pemberian Allah ini menjadi tidak baik karena salah manajemen dari awal. Ini yang harus dihindari,” ujar Jokowi di Mandalika, Jum’at 17 Mei 2019 siang.

Sirkuitnya sendiri akan mulai dibangun Januari 2020 sampai akhir tahun itu. Maka 2021 sudah bisa digunakan untuk balapan.

Saat ini fasilitas pendukungnya sudah mulai dikerjakan yaitu 10 hotel. Tiga dibangun baru, sedangkan tujuh lainnya akan menyewa hotel yang sudah ada. Bandara dan jalan akses saat ini sudah dibangun dengan baik.

Namun, masih ada satu tugas pemerintah untuk menyempurnakan perhelatan MotoGP 2021 itu yaitu jalan by pass dari dan ke bandara yang segera dikerjakan.

Jalan itu, menurut Presiden, lebih lebar dari jalan tol. Diperkirakan lebarnya 50 meteran.