Presiden Jokowi resmikan tol Kayu Agung-Palembang
Presiden Jokowi resmikan tol Kayu Agung-Palembang

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pembangunan infrastruktur jalan masih jadi prioritas utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun 2021. Kali ini, orang nomor satu di Indonesia ini meresmikan Jalan tol Kayu Agung-Palembang di gerbang Tol Keramasan, Palembang, sepanjang 42,5 KM, Selasa 26 Januari 2021.

“Alhamdulillah jalan tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km sudah selesai, sudah rampung, dan siap untuk digunakan pada hari ini,” ujar Jokowi saat peresmian di Gerbang Tol Kramasan.

Jalan tol Kayu-Agung Palembang kata dia, merupakan poros terpenting dari jalan tol Trans Sumatera. Ini merupakan jalan tol yang terakhir menghubungkan Pelabuhan Bakeheuni-Palembang.

“Jalan tol ini adalah poros terpenting dari jalan tol Trans Sumatra. Poros utama, back bone sumatra bagian selatan. Ruas terakhir yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni bisa tembus sampai ke Palembang,” katanya.

Dengan selesai dan beroperasinya jalan tol Kayu Agung-Palembang, kata dia jarak tempuh dari Bakauheni ke Palembang yang berjarak 373 km yang biasanya ditempuh 12 jam melalui darat, sekarang bisa ditempuh hanya 3 sampai 3,5 jam.

Hal tersebut kata Jokowi, akan menjadi lompatan besar dan memberikan kontribusi penurunan biaya logistik dan memberikan daya saing yang besar bagi Palembang dan Lampung.

“Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan competitiveness daya saing yang besar bagi Palembang, bagi Lampung,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here