Jokowi Kirim Undangan ke Kaisar Reiwa Jepang, Agenda Apa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan sebuah undangan khusus untuk Kaisar Naruhito atau Kaisar Reiwa Jepang. Undangan ini diserahkan saat Jokowi menerima kunjungan Menlu Jepang pada 10 Januar 2020 lalu di Istana Merdeka.

“Kaisar Reiwa, julukan Kaisar Naruhito, atau era keselarasan nan indah juga akan menjadi simbol masyarakat Jepang dalam konteks hubungan-hubungan internasional. Presiden Joko Widodo pun memiliki konsep yang serupa, yaitu keselarasan seluruh komponen bangsa untuk mencapai Indonesia,” kata Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, dalam rilis yang diterima wartawan, Minggu 12 Januari 2020.

Menurut Fadjroel, Presiden Jokowi memeintingkan konsep politik Indonesia dan simbol negara Jepang yang berlandaskan keselarasan, dengan harapan memberi dampak membangun dalam sejumlah sektor.

“Penguatan jaringan kerjasama diplomasi global berdasar konsep keselarasan, yaitu saling kerjasama dan peduli, yang dibutuhkan untuk menghadapi krisis global,” ujar Fadjroel.

Selain itu, terbentuk simbol kekariban lintas negara dengan agama berbeda yang hidup berdampingan secara damai.

“Pada dasarnya Presiden Jokowi saat ini aktif membangun kerjasama internasional agar kondisi stabilitas politik yang baik dan segala potensi Indonesia mampu dioptimalkan dalam mencapai Indonesia Maju,” kata dia.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini