Jokowi: Karhutla Ini Terorganisasi dan Sengaja Dilakukan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menduga karhutla di Desa Merbau, Kabupaten Pelalawan, Riau disengaja dilakukan dan terorganisasi. Hal itu diungkapkanya saat meninjau langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Selasa 17 September 2019.

“Kalau kita lihat luasannya besar sekali, ini terorganisasi. Nanti Polri coba tanyakan ke Kapolri penanganannya secara detail seperti apa. Sekali lagi pencegahan oleh desa, camat, bupati, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek, Koramil, adalah yang pertama harus dilakukan. Pencegahan,” ujar Jokowi.

Jokowi menekankan pentingnya upaya pencegahan terhadap karhutla, karena lebih efektif dan tidak membutuhkan biaya banyak. “Tapi kalau sudah kejadian seperti kita lihat sekarang, ini sudah kerja luar biasa. Ini tadi saya tanya TNI-Polri di sini sudah berapa hari? Sudah lebih dari satu bulan,” ujar Jokowi di lokasi kebakaran.

Jokowi menyebut peristiwa ini sudah ditangani Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Polri. “Nanti kita lihat sebetulnya ini kesengajaan yang terorganisasi atau memang rakyat yang ingin berkebun,” katanya.

Jokowi melihat lokasi karhutla didampingi Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hingga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

 

 

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini