Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kampus atau perguruan tinggi turut berkontribusi dan memperhatikan masyarakat sekitar, terutama kepada masyarakat miskin dan terbelakang.

“Perguruan tinggi tidak berada di menara gading, tapi harus memfungsikan diri sebagai menara air, yaitu hasil penelitian dan inovasi yang dihasilkan kampus harus langsung dirasakan oleh masyarakat,” kata Jokowi, Kamis 4 Maret 2021.

Ia juga menekankan agar perguruan tinggi aktif membangun dan memperluas jaringan, terlebih dengan dunia industri. Langkah ini dinilai bisa membuka peluang bagi perguruan tinggi untuk turut berkontribusi bagi masyarakat.

“Agar mampu menghasilkan penelitian dan inovasi-inovasi yang memiliki nilai tambah bagi kualitas hidup masyarakat,” kata Jokowi.

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan pengarahan di Kampus Sultan Ageng Tirtayasa, Sindang Sari, Kota Serang, Banten.

Dalam kesempatan ini Jokowi menekankan agar perguruan tinggi mampu memajukan pendidikan dan memberikan semangat dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul.

“Untuk memenangkan persaingan dan kompetisi global yang sekarang semakin sengit antar negara,” kata Jokowi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here