ilustrasi mobil listrik jokowi
Ilustrasi mobil listrik yang dipamerkan kepada Jokowi. (dok.)

MATAINDONESIA, JAKARTA – Indonesia tidak hanya akan menjadi pasar bagi industri otomotif dunia, khususnya mobil listrik. Ke depan, Indonesia juga akan membangun industri mobil listrik sendiri. Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidato Kenegaraan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019.

“Kita sudah mulai membuka ruang pengembangan mobil listrik tapi kita ingin lebih dari itu, kita ingin membangun industri mobil listrik sendiri,” katanya.

Ia mengatakan Indonesia harus berani melakukan ekspansi dan tidak hanya bermain di pasar dalam negeri. Produk-produk Indonesia harus mampu membanjiri pasar regional dan global.

Menurut Jokowi, pengusaha-pengusaha dan BUMN-BUMN Indonesia harus berani menjadi pemain kelas dunia. Talenta-talenta Indonesia harus memiliki reputasi yang diperhitungkan di dunia internasional.

Jika Indonesia segera serius berbenah bersama, dirinya yakin Indonesia akan mampu melakukan lompatan-lompatan kemajuan secara signifikan.

“Momentumnya adalah sekarang tatkala kita antara 2020 hingga 2024, berada di puncak periode bonus demografi. Jika kita lebih fokus mengembangkan kualitas SDM dan menggunakan cara-cara baru maka saya yakin bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan,” katanya.