Jokowi Ikut Menanam Benih Jagung Bersama Petani Sorong

Baca Juga

MATA INDONESIA, SORONG – Ada-ada saja kelakuan Presiden Joko Widodo. Saat meninjau lokasi penanaman jagung di Kelurahan Klamesen, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin 4 Oktober 2021, ia menyempatkan diri untuk menanam benih jagung bersama para petani.

Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi tampak mengendalikan mesin traktor kecil di atas lahan jagung. Presiden terlihat mengenakan setelan kemeja warna putih, celana hitam, dan sneakers.

”Saya ikut menanam benih jagung bersama para petani Papua Barat di satu lokasi di Kabupaten Sorong, pagi ini,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Papua Barat memiliki potensi pertanian yang sangat besar. Luas lahan pertanian di provinsi tersebut mencapai 11.000 hektare untuk tanaman jagung dan 7 juta hektare untuk tanaman pangan serta hortikultura.

Namun demikian, besarnya potensi itu belum tergarap secara maksimal. ”Ini lahan yang sangat luas, tapi memang termanfaatkan maksimal hanya 33 persen,” ujar Jokowi.

Dengan besarnya potensi tersebut, kata Jokowi, Papua Barat seharusnya bisa dikembangkan sebagai daerah produsen utama komoditas pertanian di wilayah Indonesia timur.

Oleh karenanya, ia memerintahkan Menteri Pertanian dan Gubernur Papua Barat agar meningkatkan kapasitas produksi pertanian di seluruh wilayah. Caranya, dengan mengubah sistem tanam dari satu kali setahun menjadi 2 atau 3 kali setahun. Selain itu, peningkatan produktivitas pertanian juga diupayakan melalui pelibatan petani milenial.

Sejauh ini, 800 petani milenial sudah mendapat pelatihan Kementerian Pertanian sebagai motor penggerak sektor tani. Angka itu terus bertambah hingga mencapai 2.000 orang. ”Saya yakin jika mereka ini mendapat kepercayaan akan mampu menciptakan ketahanan pangan utamanya di Provinsi Papua Barat dan nanti di seluruh Tanah Air,” kata Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden saat melakukan penanaman benih jagung antara lain Ketua DPR RI Puan Maharani. Selain itu ada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini