Proyek Palapa Ring

MINEWS, JAKARTA – Program-program besar pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla benar-benar fantastis. Rencananya, Jumat 11 Oktober 2019 pekan ini, Jokowi bakal meresmikan ‘tol langit’, atau proyek Palapa Ring.

Proyek tersebut dipastikan kelar dan siap untuk dijalankan. Sebagaimana penjelasan Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Kemenko Perekonomian Eddy Satriya, Palapa Ring terbagi atas tiga segmen, yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur.

“Sudah beres semua, dan telah disiapkan rencana peresmiannya di Istana dengan video conference ke lima lokasi di luar Jawa. Sebagian besar berada di Papua Barat,” kata Eddy di Jakarta, Rabu 9 Oktober 2019.

Eddy berkata, konstruksi Palapa Ring dikerjakan dan dibangun oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas dan Informasi (Bakti).

Sebagai informasi, Palapa Ring adalah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Proyek ini mendapat julukan ‘tol langit’ oleh Menkominfo Rudiantara. Ia menyebut kehadiran sinyal ini nantinya dapat membuat masyarakatr Indonesia lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, baik di kota maupun pelosok.