MINEWS, JAKARTA-Adanya keinginan dari anak-anak korban banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua yang ingin mengunjungi Jakarta, langsung direspon oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungannya ke Papua.

Keinginan itu disampaikan oleh anak-anak SD Negeri Inpres Kemiri ketika sang kepala negara mengunjungi kawasan terdampak bencana banjir bandang Sentani, Senin 1 April 2019.

Jokowi mengaku kaget dengan jawaban anak-anak dari provinsi Indonesia paling timur itu, ketika mau tidak diajak ke Jakarta. “Saya kira tidak mau, ternyata mau,” sahutnya.

Namun, tak ingin memudarkan semangat anak-anak, orang nomor satu di Indonesia itu justru mengamini permintaan para anak. “Siapa yang mau ke Jakarta? Tunjuk jari. Orang tuanya tidak boleh ikut tapi ya,” ujarnya.

Ia bahkan tak hanya mengundang anak-anak korban bencana banjir bandang Sentani itu ke Jakarta, namun juga ke wahana rekreasi Dunia Fantasi (Dufan) yang ada di kawasan Jakarta Utara ketika masa liburan sekolah nanti.

“Saya ingin mengajak Arnold, Lea, Rey, Elsa, Petrus dan teman-teman berlibur di Dunia Fantasi Ancol,” katanya.

Banjir bandang Sentani terjadi sekitar dua pekan lalu, tepatnya Sabtu 16 Maret 2019. Data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengestimasi banjir menimbulkan kerugian sekitar Rp506 miliar. Jumlah kerugian itu belum termasuk beberapa sarana dan prasarana, seperti jalan raya, sekolah, pasar, dan lainnya.