Jokowi Bakal Tanam Kedelai di Lahan Sejuta Hektar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tingginya harga kedelai beberapa waktu lalu hingga membuat para pedagang tempe dan tahu tak beroperasi, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil langkah serius.

Orang nomor satu di Indonesia ini memerintahkan jajarannya mencari lahan yang luas untuk ditanami kedelai.

Dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian tahun 2021 dari Istana Negara, Jakarta, Senin 11 Januari 2021, Jokowi menjelaskan harus disiapkan lahan seluas sejuta hektar agar bisa mengakomodir kebutuhan di dalam negeri nanti.

“Cari lahan yang cocok untuk kedelai, tapi jangan 1-2 hektar, 10 hektar, 100 ribu, 300 ribu, 500 ribu, 1 juta hektar cari,” kata Jokowi.

Tak hanya kedelai, Jokowi juga meminta lahan satu juta hektar ini ditanami bawang putih hingga jagung. Menurut dia, persoalan pangan bukan melulu soal pupuk dan bibit, tapi juga ketersediaan lahan luas untuk menanam komoditas di atasnya.

“Kalau hanya rutinitas urusan pupuk, urusan bibit, itu penting saya tahu tapi kalau bisa menyiapkan dalam lahan yang besar akan menyelesaikan masalah,” katanya.

Alasan dua komoditas itu diutamakan karena, harganya kerap melonjak. Belum lagi, pasokannya lebih banyak diperoleh dari impor ketimbang produksi sendiri.

Lonjakan harga kedelai belakangan ini yang membuat perajin tahu dan tempe tertekan. Masalah itu dipicu oleh ketergantungan Indonesia pada kedelai impor kedelai. Sementara di masa pandemi ini sejumlah negara melakukan pembatasan sehingga berdampak pada pasokan pangan.

“Kita tahu beberapa minggu hari terakhir ini, urusan yang berkaitan dengan tahu dan tempe, kedelai menjadi masalah juga,” kata Jokowi.

Jokowi ingin masalah itu segera dicarikan solusinya seperti mencari lahan untuk produksi kedelai, agar produksi dalam negeri mampu mencukupi kebutuhan nasional. Tak hanya itu, dia ingin kedelai dalam negeri tak kalah bersaing juga dengan kedelai impor sehingga mendorong petani untuk menanamnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini