MINEWS.ID, JAKARTA – Joko Widodo selama ini dikenal sebagai presiden yang suka bagi-bagi hadiah, terutama sepeda.

Hal ini juga dilakukan Jokowi saat bersilaturahmi dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Gita Bahana Nusantara usai upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Sabtu malam, 17 Agustus 2019.

Berbeda dengan kebiasaanya memberikan sepeda, kali ini Jokowi memberikan sepatu yang pernah dipakainya. Sepatu ini buatan asli dari Bandung. ”Disini ada yang punya nomor sepatu 43?” tanya Jokowi.

Para Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Gita Bahana Nusantara langsung berebut tunjuk tangan agar bisa maju di depan panggung. “Saya pak …saya pak,” teriak anggota Paskibraka dan Gita Bahana Nusantara.

Jokowi pun akhirnya menunjuk salah satu peserta yang sudah menunjuk tangan dan memanggilnya ke atas panggung. Salah satu anggota Gita Bahana Nusantara, Abel tampak senang karena terpilih. Jokowi pun kemudian meminta Abel menyebutkan Pancasila.

Setelah benar, Jokowi kemudian memberikan hadiah berupa sepatu dari brand lokal ‘Nah Project’ berwarna merah ukuran 43. “Ini adalah sepatu saya, sudah saya pakai ini. Ini adalah produksi dari Bandung. Jadi sepatunya kotor dikit, karena memang sudah dipakai,” kata dia.