Joe Biden atau Donald Trump Tak Masalah untuk Korsel

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –Pejabat Tinggi Korea Selatan (Korsel) berencana mengunjungi Amerika Serikat, pekan depan. Sebagaimana diketahui, Seoul berjanji menjadi aliansi yang kuat untuk Washinton terlepas dari apapun hasil Pemilihan Presiden AS nanti.

Berdasarkan hasil penghitungan suara sementara, kandidat Partai Demokrat, Joe Biden leading atas sang petahana, Donald Trump yang merupakan kandidat dari Partai Republik.

Secara mengejutkan Biden unggul di dua negara bagian yang menjadi kunci di kawasan Midwestern, yakni Wisconsin dan Michigan. Kedua negara bagian ini memberi Biden dorongan penting untuk mengumpulkan 270 suara elektoral yang ia butuhkan untuk memenangi pertarungan.

Trump pun menuduh perolehan suara Biden di dua negara bagian tersebut merupakan penipuan, sehingga ia mengajukan tuntutan hukum dan perhitungan ulang suara pemilihan yang belum diputuskan sehari, setelah pemungutan suara ditutup pada Selasa (3/11).

Sikap Trump yang ingin mengajukan tuntutan hukum ini cukup beralasan, pasalnya pada Pilpres 2016, Trump berhasil menguasai dua wilayah tersebut. Sehingga kekalahan di Wisconsin dan Michigan akan mempersempit langkahnya untuk tetap bertahan di Gedung Putih.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha rencananya akan tiba di Washington pada Minggu (8/11) dan berada di Negeri Paman Sam selama empat hari. Kunjungan ini atas undangan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo yang membatalkan kunjungan ke Seoul, pada Oktober, atau setelah Presiden Trump dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Kabarnya para menteri akan membahas mengenai masalah bilateral dan regional, termasuk agenda yang tertunda, yang bertujuan untuk membahas program nuklir dan rudal milik Korea Utara.

“Kami juga akan secara aktif bekerja sama dengan pemerintahan baru untuk mencapai tujuan denuklirisasi Semenanjung Korea dan membangun rezim perdamaian, berkomunikasi dengan erat sejalan dengan tradisi bahwa kedua negara telah bekerja sama dengan pemerintahan manapun,” tutur Juru Bicara Gedung Biru, Kang Min-seok, melansir Reuters, Jumat, 6 November 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini