Jimly Asshiddiqie: Ceramah HRS Penuh Kebencian dan Permusuhan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ceramah Rizieq Shihab terus menuai kontroversi di masyarakat, salah satunya menyinggung soal insiden berdarah di Prancis yang menjadikan guru dan warga sipil korban nyawa.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie kemudian menyebut ceramah Habib Rizieq penuh kebencian dan permusuhan. Jimly mengomentari sebuah video ceramah Rizieq yang dibagikannya di akun Twitter.

“Ini contoh ceramah yang bersifat menantang & berisi penuh kebencian & permusuhan bagi aparat pasti hrs ditindak,” dicuitkan Jimly lewat akun @JimlyAs, Rabu 18 November 2020.

Menurut Jimly, ceramah berbau provokasi seperti ini tidak boleh dibiarkan. Jimly mengkhawatirkan dampak negatif yang meluas jika dakwah yang seperti ini dibiarkan.

“Jika dibiarkan provokasinya bisa meluas & melebar. Hentikan ceramah seperti ini, apalagi atasnamakan dakwah yang mesti dengan hikmah & mau’zhoh hasanah,” tulis cendekiawan Muslim ini.

Dalam video yang dibagikannya, Habib Rizieq meminta aparat untuk memproses laporan-laporan mengenai penistaan agama. Jika tidak maka katanya jangan salahkan umat Islam jika ada kepala pelaku penistaan agama yang terpenggal di jalanan.

“Jangan salahkan umat Islam kalau besok kepalanya ditemukan di jalan kita,” kata Habib Rizieq.

Diketahui insiden pemenggalan guru di Prancis terjadi lantaran guru bernama Samuel Paty menunjukkan contoh kartun nabi di dalam ruang kelas sebagai contoh kebebasan berekspresi yang dianut negara sekuler tersebut.

Namun hal tersebut berbuah kelam. Murid Paty kemudian mengadukannya kepada orangtuanya dan orangtua ke komunitas dan pendatang yang merupakan sosok radikalis kemudian memenggal Paty. Tak lama kemudian terjadi serangan teroris di depan gereja di Nice yang makan korban jiwa.

Hal ini menimbulkan ketegangan di Prancis dan membuat pemerintah Prancis mengawasi ketat masjid yang dinilai menyebarkan paham radikal. Dana-dana asing yang masuk juga dipantau oleh otoritas.

https://twitter.com/JimlyAs?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1328842706026602497%7Ctwgr%5E&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.viva.co.id%2Fberita%2Fnasional%2F1323279-jimly-asshiddiqie-kecam-ceramah-hrs-soal-kepala-di-jalanan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini