Jika Rutin Dikonsumsi, Red Wine Bisa Cegah Kanker Payudara

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kanker payudara menjadi penyakit yang mematikan di dunia saat ini setelah kanker serviks. Namun, tahukah Anda ternyata berdasarkan penelitian para ahli ada beberapa makanan dan minuman yang jika rutin dikonsumsi, ternyata dapat mencegah risiko penyakit tersebut.

Menurut penelitian terbaru, rutin konsumsi kopi, buah-buahan, red wine dan sayuran ternyata dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Navarra dan Universitas Jaen di Spanyol, telah menemukan bahwa makanan tertentu dapat melindungi Anda dari risiko kanker payudara pasca-menopause. Menurut para peneliti, hal ini disebabkan karena adanya kandungan asam fenolik pada makanan atau minuman tersebut.

Asam fenolik bisa ditemukan dalam berbagai makanan berbahan nabati, seperti biji-bijian, blueberry, buah jeruk, gandum dan beras. Bahkan zat ini juga ada dalam red wine.

Penelitian yang dipresentasikan dalam Kongres Eropa tentang obesitas di Glasgow ini, telah melihat hubungan antara asam fenolik dengan kanker payudara. Mereka menggunakan responden sebanyak 11.028 wanita. Setiap peserta dianalisis untuk konsumsi asam fenolik selama kurang lebih 12 tahun.

Untuk memastikan berapa banyak asam fenolik yang dikonsumsi, para wanita diminta untuk melaporkan seberapa sering mereka mengonsumsi 136 jenis makanan berbeda, melalui kuesioner. Hasil itu kemudian dibandingkan dengan database kandungan asam fenolik yang ada di setiap makanan.

Para peneliti menemukan, wanita yang banyak konsumsi asam hidroksisinamat atau asam fenolik, mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 62 persen dibandingkan mereka yang mengonsumsinya hanya sedikit.

Di sisi lain, asam klorogenik yang merupakan salah satu jenis asam hidroksisinamat, ternyata juga memiliki efek paling kuat dalam hal pengurangan risiko kanker payudara.

Bahkan asam klorogenik ini diketahui banyak terdapat di kopi, buah-buahan, dan sayuran. Wanita yang banyak mengonsumsi kopi, buah-buahan, dan sayuran dapat mencegah risiko kanker payudara hingga 65 persen.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini