Jenderal Bintang 2 dari TNI-Polri Bakal Perkuat BNPB

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sejumlah lembaga, seperti Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bakal diperkuat oleh para jendral bintang 2 dari intitusi TNI dan Polri.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

“Karena ada Pol Air, KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), Bea Cukai, ini kan semua bermain semua di laut,” kata Tjahjo dalam rapat kerja dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa, 23 Juni 2020.

Tjahjo mengatakan selama ini belum ada kejelasan siapa yang bertanggung jawab terkait keamanan laut. Ia berujar ke depannya Bakamla akan dijadikan sebagai koordinator.

Selain Bakamla, Tjahjo mengatakan kelembagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga akan dikembangkan. Ia mengatakan, merujuk Undang-undang sebenarnya Kepala BNPB tak bisa dijabat oleh TNI aktif.

Namun untuk kepentingan bersama, kata Tjahjo, Menpan-RB setuju Doni Monardo yang merupakan jenderal bintang tiga TNI aktif menjadi kepala BNPB. Tjahjo lantas menyebut akan mengangkat unsur bintang dua polisi dan TNI menjadi deputi di BNPB.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini