Jelaskan Soal Khilafah, Netizen Sebut Mahfud MD Goblok

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Beri pemahaman soal khilafah kepada netizen, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Mohammad Mahfud MD disebut goblok.

Pernyataan itu diungkapkan pemilik akun @bony_nama_ku setelah mengikuti penjelasan Mahfud bahwa khilafah itu tidak tercantum dalam Al Qur’an dan hadist.

“Dari jawabannya keciri ente goblok.. ,” begitu @bony_nama_ku menghakimi Mahfud, Kamis 25 Juli 2019.

Awalnya Mahfud menanggapi pertanyaan ✍ @Ghoz4ly yang menyodorkan pernyataan Mahfud soal khilafah di laman detik pada 2017.

Selain menyodorkan link beritanya, ✍ @Ghoz4ly bertanya apakah Mahfud tetap berpendapat sama dengan pernyataannya dua tahun lalu?

Mahfud MD melalui akun twitter @mohmahfudmd pun menjawab, “Pndpt sy msh bgt, semakin kuat. Sejak dulu sy bilang khilafah (pemerintahan) itu ciptaan Allah. Tp “sistem khilafah yg baku” tak ada dlm Qur’an maupun Sunnah Nabi. Yg ada semuanya opsional, beda2 sejak zaman Nabi s/d skrng. Hrs dibedakan antara prinsip penciptaan dgn sistem.”

Guru besar hukum tata negara itu pun mengunggah tulisannya di sebuah media nasional yang juga bernama sama yaitu menolak ide soal khilafah.

Selain itu dia juga mengunggah hasil wawancara sebuah portal berita nasional yang juga bernada sama yaitu khilafah bukan perintah Al Qur’an tetapi hasil pemikiran orang-orang setelah zaman Rasulullah.

Dia bahkan merujuk saat Abu Bakar dipilih sebagai khilafah melalui musyawarah, sedangkan Umar ditunjuk Abu Bakar dan Ustman dipilih oleh formatur.

“Skrang ada negara2 Islam yg ikut demokrasi, monarki, Parlementer, Presidensial, dll. Yg mana sistem yg baku mnrt Qur’an dan Sunnah? Jd yg penting maqashid syar’i-nya,” ujar Mahfud.

Bahkan saat netizen menyodor Turki Usmany sebagai salah satu contoh khilafah yang pernah ada, Mahfud bisa mematahkan argumentasi itu.

Menurutnya Turki Usmany itu bagus. Tetapi Mahfud juga menunjukkan kelemahannya yaitu; “1) Itu hny pilihan Turki sj krn bnyk sistem khilafah lain berbeda; Sistem Turki Usmany ciptaan orng hebat bernama Alfatih, bkn sistem baku Islam. 2) Sisi gelap dari Turki Usmany dan khilafah2 lain adl adanya sistem harem (beristeri bnyk dgn perbudakan).”

Setelah netizen yang ngeyelan tidak juga memahami dan cenderung membullynya, Mahfud akhirnya menyatakan diskusi soal khilafah melalui twitter tersebut harus dia tutup dengan tidak bisa mengubah pandangannya.

“Utk sesi hr ini sy tutup diskusi di Twitter ttg khilafah. Yg mau lanjut, lanjutlah. Sy hny perlu tegas “mana sistem khilafah yg baku mnrt Qur’an dan Sunnah”. Kalau jawabannya hny hasil ijtihad, ya bnyk sekali macamnys shg tdk baku, bs dibantah, dan tdk selalu diikuti dlm praktik.”

 

 

 

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini