Demonstrasi Buruh Menolak Omnibus Law
Demonstrasi Buruh Menolak Omnibus Law (Foto:Minews.id/Ilham Dewansyah)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjelang peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2020, pihak Polda Metro Jaya mengimbau agar para buruh tak menggelar aksi demo. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran wabah corona (Covid-19).

Larangan ini disesuaikan dengan Maklumat Kapolri tentang penanganan virus corona dan diperkuat dengan penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

“Dilarang sama sekali. Kalau mau ada demo dalam pandemi apalagi soal ini, kami tidak akan izinkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus, Jumat 17 April 2020 melansir CNNIndonesia.

Kata dia, seharusnya kelompok-kelompok yang memiliki rencana menggelar unjuk rasa dapat memahami situasi dan kondisi saat ini, terlebih covid-19 masih mewabah di Indonesia.

“Sekarang apalagi PSBB, siapapun yang mengajukan untuk demo tidak akan dikasih izin tidak akan diberi rekomendasi. Harusnya mereka sadar bahwa sekarang ini situasi seperti ini,” ujarnya.

Meskipun begitu, Yusri mengatakan hingga saat ini pihak kepolisian belum mendapatkan permohonan ataupun informasi terkait gelaran aksi unjuk rasa yang akan dilakukan oleh para buruh.

Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei selalu dirayakan dengan kegiatan demonstrasi ke jalan oleh para buruh di seluruh Indonesia. Buruh itu, datang dari berbagai kalangan dan juga tuntutan yang bervariasi setiap tahunnya.

Sementara Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono juga mengungkapkan hal yang sama. Ia mengatakan, dalam surat telegram nomor ST/1183/IV/OPS.2./2020 dan surat telegram nomor ST/1184/IV/OPS.2/2020 yang diterbitkan pada 13 April 2020 lalu, menjadi arahan dari pucuk pimpinan korps Bhayangkara sebagai bentuk persiapan jika terjadi unjuk rasa.

“TR itu arahan ke polda untuk mempersiapkan bagaimana caranya kepolisian menghadapi unjuk rasa di situasi pandemi corona,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here