MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada 9 Januari 2021 datang kabar duka dari dunia penerbangan, pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta – Pontianak dikabarkan hilang kontak di sekitar Kepulauan Seribu.

Hal ini membuat masyarakat takut untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Beberapa maskapai pun menurunkan harga tiket domestik.

Namun, belum diketahui dengan jelas penyebab penurunan harga tiket pesawat tersebut. Namun sebagian orang berpendapat imbas dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. Contohnya penerbangan dari Jakarta ke Bali hanya Rp 357.300 per orang yang sebelumnya Rp 600.000, penurunan harga tiket ini hingga 50 persen.

Untuk rute Jakarta – Palembang pun mengalami penurunan harga hingga Rp 320.000, harga ini terbilang sangat murah dibandingkan dengan harga tiket sebelumnya.

Di Traveloka menyajikan harga tiket yang murah dari Bandara Raden Intan II Lampung (TKG) menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dengan harga Rp 159.500 kelas ekonomi yang sebelumnya Rp 350.00 – Rp 400.000. Di aplikasi tersebut juga menawarkan tiket murah hingga Maret 2021.

Maskapai pesawat Lion Air juga menurunkan harga tiket untuk penerbangan Kendari – Makassar dengan kisaran harga Rp 173.000 yang sebelumnya berharga Rp 270.000.

Karena harga tiket yang tiba-tiba menurun, di Twitter pun ramai memperbincangkan ini. Seperti salah satu tweet kaget harga tiket turun “Gara2 musibah pesawat jatuh, harga tiket pesawat pun terjun bebas, murah-murah bangeeeet. Dan disini cobaan dimulai” ujar akun @kikiiihs.

Lain halnya dengan pengguna akun @FerindaJihan yang ingin berpergian karena harga tiket yang murah, namun ia takut. “Liat harga tiket pesawat harga 400 600 an bisa terbang jadi pengen, tpi takut alias gak jadi pengen naik pesawat dulu deh.”

Jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada dua tahun yang lalu di Perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat juga menyebabkan maskapai ini menurunkan harga tiket penjualannya.

Reporter: Laita Nur Azahra

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here