Musisi Jason Mraz banting stir jualan kopi langka

MINEWS, JAKARTA-Bukan hanya piawai dalam bernyanyi, Jason Mraz seorang penyanyi asal Amerika ini ternyata pandai berbisni juga. Hal itu dibuktikan dengan membuka bisnis minuman kaleng.

Musisi ini mengolah kopi dari perkebunannya sendiri di bawah naungan Bird Rock Coffee Roasters yang berbasis di California Selatan tepatnya di San Diego.

Kopi yang ditanam di perkebunan miliknya tersebut adalah kopi edisi terbatas, yaitu jenis kopi Geisha. Kopi mereka akan dijual 199 dolar atau sekitar Rp 2,8 juta per kaleng. Penjualan melalui situs web Bird Rock Coffee Roasters.

Jeff Taylor, salah satu pemilik dari Bird Rock Coffee Roasters mengatakan, “Itu selalu menjadi misi kami untuk memberi San Diego kopi spesial terbaik yang ditawarkan dunia, dan sekarang kami dapat memasukkan San Diego ke dalam deretan unggulan itu.”

Menurut Jeff, kopi Geisha ini sama saja dengan sebotol wine berkualitas yang sudah berusia 50 tahun. Tak semua orang bisa menanam kopi Geisha, ini seperti momen bersejarah bagi San Diego karena bisa menanamnya.

Kopi Geisha itu diyakini berasal dari hutan Gori Geisha di Ethiophia. Kopi tersebut lalu dibawa ke Pusat Penelitian Pertanian dan Pendidikan Tinggi Tropis (CATIE) di Costa Rica pada tahun 1950.

Satu dekade kemudian, seorang pejabat Panama membawa kopi jenis Geisha tersebut bersamanya dan memberikannya kepada para petani di dataran tinggi di dan sekitar kota Boquete. Dan kopi ini memenangkan lelang dengan harga 1.029 dolar per 450 gram atau sekitar Rp 14 juta di lelang Best of Panama tahun ini, dan ini mencetak rekor baru.

Diketahui, Jason Mraz pemiliki Mraz Family Farms yang didirikan pada tahun 2015 ini tak hanya menanam kopi jenis Geisha saja. Ia juga menanam tanaman organik bersertifikat.

Ternyata Mraz Family Farms juga bekerja sama dengan Frinj Coffee yang bertugas mengeringkan dan memproses biji kopi. Tapi Frinj Coffee tak hanya memproses kopi milik Jason Mraz, ada berbagai macam kopi lainnya dan saat ini memiliki 2.800 pohon.

Kopi Geisha yang ditanam oleh Mraz ini mahal karena kopi jenis ini termasuk langka dan juga kualitasnya yang sangat bagus.