Jangan Panik! Asosiasi Gas Klaim Stok Tabung Oksigen Aman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Melonjaknya kasus positif covid-19 yang menyebabkan tingginya permintaan gas oksigen. Hal membuat kepanikan masyarakat bahwa stok gas oksigen menipis.

Ketua Umum Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII), Arief Harsoni mengatakan bahwa ketersedian stok tabung gas oksigen mencapai 2.000. Pasokan ini bisa digunakan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan akibat kenaikan kasus covid-19 di Indonesia.

“Pada Juli akan datang lagi tambahan tabung gas, sehingga kami pastikan ketersediaan tabung gas oksigen untuk medis tercukupi,” katanya, Kamis 24 Juni 2021.

Pihaknya juga terus memastikan stok regulator tabung karena merupakan komponen penting yang ketersediaannya harus selalu dijaga dalam mengantisipasi lonjakan jumlah kasus covid-19.

“Kami juga terus cek regulator, karena merupakan komponen penting bagi tabung oksigen,” ujar Arief.

Di sisi lain, Kementerian Perindustrian menegaskan pasokan tabung gas pun tercukupi.

“Intinya tidak ada kelangkaan tabung oksigen, karena tabung oksigen cukup dan tersedia mengantisipasi lonjakan permintaan,” kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri.

Febri mengatakan saat melakukan persiapan bantuan oksigen ke India, Kemenperin sudah mengantisipasi dan menjamin kebutuhan dalam negeri terpenuhi kalau ada peningkatan kasus covid-19.

“Bantuan yang diberikan sebanyak 3.400 tabung, atau hanya 0,05 persen dari stok tabung nasional. Jadi tabung oksigen cukup tersedia,” ujar Febri.

Sementara itu, saat ini kapasitas produksi gas oksigen di Indonesia 650 juta ton per tahun, sebanyak 300 juta ton per tahun terintegrasi dengan pengguna.

Saat ini utilisasi rata-rata industri gas oksigen sekitar 80 persen karena sangat tergantung lokasi. Untuk tahun ini hingga Juni 2021 tercatat sudah ada tujuh juta liter oksigen yang dipesan.

Produksi dan distribusi gas oksigen diprioritaskan untuk kebutuhan rumah sakit dan fasilitas kesehatan dalam menangani lonjakan kasus covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini