Jangan Mendekat! Tangkuban Parahu Masih Belum Stabil

Baca Juga

MINEWS, JABAR - Hingga Sabtu 27 Juli 2019, aktivitas Gunung Tangkuban Parahu pasca erupsi Jumat lalu masih belum stabil. PVMBG pun mengimbau agar masyarakat tak mendekati sekitaran Kawah Ratu dan Kawah Upas dalam radius 500 meter.

Dijelaskan Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat Nia Haerani, abu vulkanik masih berpotensi besar menyembur keluar dari titik erupsi disertai bebatuan hembusan asap.

“Potensi bahaya saat ini adalah erupsi yang bersifat freaktif,” kata Nia di Bandung.

Menurutnya, radius 500 meter dari kawah tercatat masih di sekitar bibir kawah. Sementara untuk pintu masuk dan pemukiman sekitar Gunung Tangkuban Perahu dinilai masih aman.

Masyarakat juga diminta mewaspadai adanya peningkatan konsentrasi gas vulkanik di sekitaran gunung. PVMBG menegaskan agar warga sekitar tidak berlama-lama di kawasan bibir kawah aktif agar terhindar dari paparan gas yang berdampak buruk bagi kesehatan dan keselamatan jiwa.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini