Jangan Disepelekan, Ruam Mirip Cacar Bisa Jadi Gejala Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Peneliti dari Kings College London menemukan bahwa 8,8 persen orang yang melaporkan usap covid-19 positif mengalami ruam kulit sebagai bagian dari gejalanya, dibandingkan dengan 5,4 persen orang dengan hasil tes negatif.

Guna penyelidikan lebih lanjut, tim tersebut membuat survei online terpisah, mengumpulkan gambar dan informasi dari hampir 12 ribu orang dengan ruam kulit.

Ruam tipe sarang (urtikaria) yang merupakan munculnya benjolan mendadak pada kulit yang datang dan pergi cukup cepat selama berjam-jam dan biasanya sangat gatal. Ini dapat melibatkan bagian tubuh mana pun dan seringkali dimulai dengan rasa gatal yang hebat pada telapak tangan atau telapak kaki.

Studi gejala covid-19 juga menemukan ruam kulit ini dapat dibagi lagi menjadi tiga kategori, di antaranya:

Ruam mirip cacar

Biang keringat atau ruam jenis cacar air berupa benjolan merah gatal dapat terjadi di mana saja di tubuh, terutama siku dan lutut serta punggung tangan dan kaki. Ruam bisa bertahan selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Ruam keunguan

Biasanya menyerang jari tangan dan kaki berwarna kemerahan berupa benjolan keunguan di jari tangan atau kaki, yang mungkin terasa sakit tetapi biasanya tidak gatal.

Jenis ruam ini paling spesifik untuk covid1-9, lebih sering terjadi pada orang yang lebih muda dengan penyakit tersebut dan cenderung muncul di kemudian hari.

Tanda penting lain

Ruam biasanya disertai gejala penyakit virus, seperti demam, batuk dan malaise. Namun, pasien dengan dugaan covid-19 juga bisa datang dengan tanda di kulit tetapi tanpa disertai gejala lain.

Dr Mario Falchi, dosen senior di King’s College London, dan yang memimpin penelitian, mengatakan pasien covid-19 dilaporkan menderita ruam selama berminggu-minggu, jauh lebih lama daripada gejala yang lebih umum.

Presentasi yang beragam, penundaan waktu, serta fokus pada pasien yang sakit parah selama fase awal pandemic, menyebabkan kulit diabaikan sebagai organ target penting untuk covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini