Jakarta Makin Padat, Gubernur Anies Bakal Sambut Para Pendatang Baru dari Luar Daerah

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Habis lebaran nanti, keberadaan penduduk di Ibukota Jakarta akan makin padat, karena kedatangan warga dari luar daerah. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak akan melarang pendatang baru yang biasanya banyak bermunculan usai lebaran.

Mantan Menteri Pendidikan ini mengatakan Jakarta terbuka bagi semua warga negara Indonesia.

“Sejak tahun lalu, kami tidak lagi mengadakan operasi pemeriksaan yustisia. Mengapa? Ibu Kota adalah milik seluruh Indonesia,” kata Anies saat melepas mudik gratis di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Kamis 30 Mei 2019.

Anies mengatakan tidak ada larangan bagi warga Indonesia yang ingin berpindah domisili, karena di Jakarta semua setara.

“Tidak ada aturan yang melarang pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lainnya. Wonogiri ke Balikpapan, Manokwari atau Jakarta, kita memiliki kesetaraan mencari kerja,” kata Anies.

Anies mengingatkan bagi warga yang ingin pindah menyiapkan data kependudukannya. Dia juga mengingatkan warga menyiapkan pengalaman dan keahlian untuk bersaing di Jakarta.

“Ada anjuran dari kita, kalau mau ke Jakarta pastikan membawa surat kependudukan yang lengkap, usahakan punya BPJS. Bawa keterampilan, bawa pengalaman dan kemampuan. Dengan begitu ikut berkontribusi kehidupan perekonomian di Ibu Kota,” katanya.

Anies mengatakan operasi yustisi hanya menyasar kalangan menengah ke bawah yang dinilai tidak adil. Padahal, menurutnya, pendatang dari kalangan menengah ke atas tidak pernah terjerat operasi yustisi tersebut. “Mulai tahun ini nggak ada lagi operasi, adanya layanan kependudukan,” katanya.

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini