Jadikan Pandemi Covid-19 Momentum Benahi Sistem Kesehatan, Layanan Primer Harus Diperkuat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 dijadikan Presiden Jokowi sebagai momentum memperbaiki ketahanan sistem kesehatan global, termasuk dalam negeri.

Epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono menyetujui rencana itu dengan satu syarat utama.

“Perkuat Layanan Primer, perlu dibangun klinik kesehatan primer di setiap kecamatan – ada 170 an Kecamatan belum ada – dengan tenaga dan alkes yg lengkap di Indonesia,” ujar Pandu dalam pernyataan tertulis yang dikutip Jumat 12 Januari 2022.

Menurut Pandu, jika layanan primer masih terbengkalai akan sulit bagi Indonesia untuk mengadvokasi ketahanan kesehatan global di Kelompok G20.

Kepada negara-negara G20, Presiden Jokowi mengusulkan solusi permanen agar dunia sanggu menghadapi masalah kesehatan yang tidak terduga seperti pandemi Covid-19 ini.

Indonesia mendorong penguatan arsitektur sistem ketahanan kesehatan dunia yang dijalankan oleh sebuah badan dunia.

Badan tersebut bertugas menggalang sumber daya kesehatan dunia, antara lain untuk pembiayaan darurat kesehatan dunia, pembelian vaksin, obat dan alat kesehatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini