Jadi Motor Ekonomi Rakyat, UMKM Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Langkah pemerintah dengan terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi mendapat sorotan dari Anggota Komisi I DPR, Nurul Arifin.

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan pemerintah perlu didorong oleh semua pihak agar terhindar dari resesi salah satunya dengan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Pemerintah pun telah mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi nasional.

“Pemerintah telah memfasilitasi UMKM ini secara baik. Sehingga eksistensi para penggerak ekonomi ini bisa terus dipertahankan,” kata Nurul, Kamis 25 November 2021.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi UKM, kata Nurul, saat ini jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta. Pada tahun 2020, telah berkontribusi sebesar 60,51 persen terhadap produk domistik bruto (PDB) atau senilai Rp 9.580 triliun.

“Dari hasil survei katadata insight center (KIC), sebanyak 82,9 persen UMKM merasakan dampak negatif dari pandemi. Bahkan kondisi pandemi ini menyebabkan 63,9 persen yang terdampak mengalami penurunan omset lebih dari 30 persen, jika dibandingkan omset sebelum pandemi,” ujarnya.

Tercatat sampai dengan 27 Oktober 2021, total realisasi PEN dukungan UMKM tahun 2021 sebesar Rp64,35 triliun dengan jumlah debitur (UMKM yang menerima manfaat) sebanyak 33,93 juta UMKM.

Menurut Nurul, pandemi covid-19 memberikan efek domino multi sektoral yaitu kesehatan, sosial, ekonomi, keuangan dan politik. Namun aktifitas ekonomi harus tetap berjalan dengan tetap memperhatikan faktor kesehatan.

Pemerintah Indonesia menggunakan strategi mengutamakan keseimbangan antara penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional dalam penanganan pandemi covid-19.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Henri Subiakto menjelaskan, covid-19 dan teknologi digital memaksa masyarakat harus berubah lebih cepat menggerakkan ekonomi Indonesia lewat teknologi digital yang disebut transformasi digital.

Pembangunan infrastruktur menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mendapatkan kepercayaan untuk membangun infrastruktur digital tersebut.

Dengan begitu, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan perdagangan secara online untuk meningkatkan perekonomian.

Menurut dia, kunci sukses bisnis online diantaranya adalah memiliki koneksi internet yang baik, memiliki website dan akun, memiliki anilisa website, dana yang sesuai, kontinuitas dan keteraturan, lindungi privasi pelanggan, riset kompetitor dan jangan menyerah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini