Istilah Lockdown Menguat di Tengah Wabah Corona, Apa Sih Artinya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Istilah ‘lockdown’ mulai menjadi pembicaraan di seluruh dunia. Beberapa negara sudah mengambil keputusan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona agar tak kian meluas.

Apa sih sebenarnya arti dari lockdown?

Jika merujuk pada kamis Bahasa Inggris, lockdown artinya adalah kuncian. Dalam konteks corona, lockdown diartikan bahwa negara mengunci akses masuk dan keluar bagi siapapun untuk mencegah penyebaran virus.

Selain itu, lockdown juga memiliki arti serupa dengan isolasi. Merujuk KBBI, isolasi adalah pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha memencilkan manusia dari manusia yang lain.

Lockdown dalam konteks negara biasanya diikuti larangan untuk berkumpul, menutip sekolah hingga tempat-tempat yang umum dikunjungi.

Sejauh ini, virus corona telah menjangkit 69 orang di Indonesia. Data ini valid hingga Jumat 13 Maret 2020 pukul 18.00 WIB. Namun, pemerintah belum mengambil opsi lockdown karena masih fokus dalam penanganan pasien hingga sembuh dari virus asal Wuhan, Cina tersebut.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini