Israel Bentuk Basis Intelijen untuk Mata-matai Aktivitas Iran

Baca Juga

MATA INDONESIA, TEL AVIV – Tentara Israel membentuk basis intelijen dan analisis guna memantau setiap aktivitas Iran, terutama terkait dengan program nuklirnya. Hal ini diungkapkan oleh situs berita Walla.

Pertemuan pangkalan yang sangat rahasia dari para perwira dan analis intelijen Israel diluncurkan dalam beberapa bulan terakhir sebagai hasil dari reformasi intelijen interdisipliner.

“Mereka mengidentifikasi dan menganalisis tindakan rahasia yang dilakukan oleh Teheran yang diduga menyembunyikan program nuklir,” kata situs web berita tersebut, melansir Sputnik.

Mengutip seorang perwira tinggi militer Israel, situs berita Walla menambahkan bahwa Israel telah mengumpulkan informasi yang cukup tentang program nuklir Iran dan mencatat karyawan pangkalan menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi terbaru untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

“Pangkalan itu juga memainkan peran penting dalam mengidentifikasi kehadiran militer Iran di Suriah dan menyerang formasi bersenjata pro-Iran di sana,” sambung outlet berita tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi menyuarakan kecemasannya terhadap aktivitas program nuklir Iran. Menurut Riyadh, aktivitas nuklir Teheran telah menempatkan kawasan Timur Tengah di tempat yang berbahaya.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan kepada wartawan di Washington, Amerika Serikat mengatakan akselerasi kegiatan nuklir Iran sangat memprihatinkan.

“Kami pikir kami memasuki fase berbahaya,” kata Pangeran Faisal bin Farhan sehari setelah bertemu dengan rekannya dari Amerika Serikat Antony Blinken (16/10).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini