MATA INDONESIA, TANGERANG SELATAN – Ketersediaan tempat tidur intensive care unit (ICU) khusus penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan wilayah Tangerang Selatan telah penuh. Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Melihat kondisi ini, ia mengimbau kepada masyarakat agar lebih disipilin menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

“Ruang ICU 100 persen penuh. Di Tangsel ini penuh sampai saat ini. Kalau begini terus kan (pasien) enggak akan ada tempat,” kata Benyamin Davnie, Jumat 22 Januari 2021.

Akibatnya saat ini tempat tidur di ruang rawat inap khusus pasien Covid-19 hanya tersisa sekitar tujuh persen. Namun Benyamin menegaskan sempat terjadi penurunan tingkat keterisian tempat tidur dari 94 persen menjadi 93 persen.

Meski demikian bertambahnya jumlah tempat tidur yang tersedia bukan disebabkan karena berkurangnya pasien positif Covid-19 yang dirawat.

Penurunan tersebut karena pihak rumah sakit menambah alokasi tempat tidur untuk penanganan Covid-19.

“Alokasi jumlah tempat tidur untuk Covid-19 minta ditambah sekian persen makanya sekarang ini (tingkat keterisian) turun 93 persen,” kata Benyamin.

Pemkot Tangsel rencananya akan terus berupaya mengoptimalkan sumber daya yang ada, salah satunya dengan mengalihfungsikan Rumah Sakit Umum Pakulonan yang kini masih dalam proses pembangunan. Tempat ini akan dijadikan rujukan pasien Covid-19.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here