IPO Berikan Alternatif Pendanaan Bagi BUMN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia Toto Pranoto angkat bicara terkait langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang melepas sebagian saham ke publik.

Menurutnya, hal itu dinilai sangat tepat karena akan memberikan alternatif pendanaan perusahaan pelat merah tersebut.

“Saya kira ini adalah upaya bagus untuk memberikan alternatif pendanaan bagi BUMN,” ujar Toto.

Menurut dia, selama ini sebagian besar perusahaan negara lebih memilih instrumen utang sebagai sumber pendanaan atau financing, sehingga menjadi beban saat terjadi krisis seperti pandemi covid-19 saat ini, karena bunga harus tetap dibayar.

“Sementara dengan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) maka instrumen financing ini bersifat ekuitas. Jadi, dengan go public saya kira bagus buat keseimbangan struktur pembiayaan BUMN,” katanya.

Di samping itu, dia menambahkan dengan menjadi perusahaan terbuka atau Tbk maka tuntutan good corporate governance atau GCG juga semakin besar sehingga diharapkan aspek transparansi, fairness, dan akuntabilitas makin besar di perusahaan negara.

“Ini merupakan fondasi bagus buat peningkatan kinerja BUMN,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini